Monday, February 11, 2019

Tips Mengatasi DVD ROM yang Rusak

Tidak semua laptop dilengkapi dengan DVD ROM. Tetapi jika ada, kita pasti akan difasilitasi dengan banyak cara. Misalnya ketika Anda ingin membakar DVD atau ketika Anda ingin menonton film. Sayangnya, DVD ROM pada laptop ini seperti memiliki usia. Terkadang bisa cepat rusak jika digunakan secara tidak benar. Meskipun tidak digunakan, itu juga bisa menimbulkan masalah.

Jika ini masalahnya, biasanya beberapa gejala akan muncul di laptop Anda. DVD dapat tidak terdeteksi pada sistem operasi. Jika masalahnya ada di bagian perangkat keras, DVD ROM kadang-kadang tidak bisa dibuka atau bahkan tidak bisa digunakan untuk membaca. Banyak masalah bisa muncul.

Memperbaiki Laptop DVD Tidak Terdeteksi

Nah, bagi Anda yang memiliki masalah dengan kesalahan ROM DVD laptop Anda dan tidak terbaca di sistem operasi, ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil. Tetapi sebagai catatan, kerusakan yang akan kami coba perbaiki di sini adalah karena disebabkan oleh kesalahan pada driver, bukan karena ada kerusakan fisik pada perangkat keras. Berikut ini adalah penjelasan langkah-langkahnya.
  • Langkah pertama, buka regedit. Caranya adalah dengan menekan tombol Window + R atau hanya menulis regedit pada pencarian di menu Start.
  • Kemudian Anda pergi ke HKEY_LOCAL_MACHINE> SYSTEM> CurrentControlSet> Control> Class> 4d36e965-e325-11ce-bfc1-08002be10318> REG_MULTI_Z. Di folder, Anda menghapus file yang disebut "UpperFilters".
  • Setelah itu coba nyalakan kembali laptop dan periksa apakah DVD ROM telah terdeteksi atau belum.
Memperbaiki Kerusakan Fisik pada DVD Laptop

Jika Anda sudah mengambil langkah-langkah ini tetapi masih belum terdeteksi, ada kemungkinan kerusakan fisik pada komponen DVD. Jika Anda ingin aman, Anda harus memperbaikinya di pusat layanan atau setidaknya ke tukang reparasi laptop tepercaya. Tetapi sebagai langkah 'pertolongan pertama' untuk DVD ROM Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda periksa.
  • Pertama, Anda perlu membongkar laptop Anda terlebih dahulu. Lepaskan mur pengait, lalu periksa tegangan yang masuk ke DVD ROM.
  • Bersihkan bagian yang mungkin kotor. Lakukan dengan hati-hati dan lembut. Juga bersihkan di sekitar kepala laser dan jangan gores lensa. Gunakan kain lembut.
  • Setelah itu, instal kembali seperti sebelumnya dengan hati-hati. Nyalakan laptop Anda tidak periksa di pengaturan BIOS.
  • Jika masih belum terdeteksi, maka Anda harus mengaturnya secara otomatis. Perhatikan juga apakah lampu led menyala atau tidak. Sebab, ada kemungkinan kerusakan pada controller.
Metode ini sebenarnya cukup berisiko dilakukan oleh umat awam. Jadi Anda harus membiarkan para ahli melakukan pekerjaan.

Beli DVD ROM Ekesternal

Kerusakan pada DVD ROM laptop dapat terjadi pada motor mekanik atau sepeda motor karet atau komponen optisnya. Apakah bisa diperbaiki? Masih mungkin diperbaiki lagi. Caranya adalah dengan mereset optik. Namun sayangnya, ada banyak masalah optik pada DVD ROM laptop yang sulit diperbaiki.

Jika ini masalahnya, apa solusinya? Anda tidak perlu khawatir. Atau Anda dapat membeli DVD RPM eksternal yang sekarang sangat mudah didapat dan hanya membutuhkan slot USB. Harganya relatif mahal, tetapi cukup terjangkau, mulai dari Rp. 200 ribu - Rp. 300 ribu.

Jika Anda ingin menghemat uang, Anda juga dapat membeli DVD ROM eksternal sesegera mungkin. Tapi kelemahannya, usianya pasti akan lebih pendek dari yang Anda beli baru.

Itulah pembahasan mengenai Tips Mengatasi DVD ROM yang Rusak. Semoga bermanfaat ya