Monday, March 25, 2019

Inspirasi Ide Bisnis Kuliner Potensial 2019


Kata bisnis pada jaman dahulu identik dengan kegiatan transaksi antara perusahaan-perusahaan besar yang melibatkan jumlah modal dan sumber daya yang cukup besar pula. Namun pada saat ini di mana usaha kecil menengah mulai menjamur di mana-mana karena memang disokong dan difasilitasi oleh pemerintah secara langsung. Pembentukan usaha kecil menengah oleh pemerintah diharapkan mampu mengurangi tingkat pengangguran karena minimnya lapangan pekerjaan yang tak seimbang dengan jumlah pencari kerja.

Salah satu pemicu tingginya tingkat pengangguran di Indonesia adalah banyaknya jumlah pendududk, di mana pada saat ini Indonesia berada pada tingkat ketiga sebagai negara terpadat di dunia. Untuk mengatasi hal tersebut pemerintah berupaya melakukan sosialisasi, pemberian bantuan, dan kegiatan lain untuk meningkatkan jumlah usaha kecil menengah.

Ide Usaha Bisnis Kuliner Potensial 2019

Salah satu usaha kecil menengah yang cukup diminati masyarakat adalah dalam bidang bisnis kuliner. Hal tersebut dikarenakan bisnis kuliner memiliki peluang kerugian yang cukup rendah apabila dibandingkan dengan bidang bisnis yang lainnya. Selain itu, bisnis kuliner dinilai memiliki tingkat kesuksesan yang cukup tinggi. Berikut ini adalah beberapa contoh bisnis kuliner potensial 2019 yang dapat menjadi referensi usaha kuliner anda.

  1. Seblak Khas Bandung
Bisnis kuliner potensial 2019 yang pertama adalah seblak khas bandung. Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang sedang mengalami pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat sejak tahun 2017 lalu. Hal tersebut memicu media masa lebih mengekspos mengenai potensi kota bandung termasuk bidang kulinernya. Salah satu kuliner atau makanan Bandung yang cukup terkenal dan sedang viral di masyarakat adalah seblak.

Kepopuleran seblak dipegaruhi oleh banyaknya vlogger yang menjadikan seblak sebagai konten youtubenya. Secara tidak langsung hal tersebut juga menjadikan seblak menjadi makanan yang memiliki penggemar yang cukup tinggi di kalangan masyarakat. Melalui kepopuleran seblak tersebut, tentunya anda dapat melihat potensi keuntungan yang akan anda dapatkan apabila membuka bisnis kuliner seblak.
  1. Pempek Khas Palembang
Bisnis kuliner potensial 2019 yang kedua adalah pempek khas Palembang. Mendengar kata pempek pasti yang terbesit dalam pikiran anda adalah kota Palembang. Hal tersebut dikarenakan pempek merupakan makanan khas Palembang yang sudah menjamur di berbagai daerah di Indonesia. Rasanya yang gurih dengan rasa ikan tengiri yang begitu kuat menjadikan pempek digemari oleh banyak masyarakat terutama penyuka ikan.

Pada umumnya pempek disajikan dengan saus pedas asam manis untuk menambah cita rasa nikmat pada pempek. Pempek Palembang memiliki banyak varian yang dibubuhkan nama yang cukup unik antara lain pempek kapal selam, pempek lanjar, pempek lenggang, pempek adaan, pempek keriting, sebagai makanan yang cukup terkenal di Indonesia, pempek tentunya memiliki peminat yang cukup tinggi yang artinya juga dapat mendatangkan keuntungan besar.
  1. Singkong keju
Bisnis kuliner potensial 2019 yang ketiga adalah singkong keju. Singkong merupakan makanan khas Indonesia yang diminati masyarakat dari berbagai kalangan mulai dari kalangan atas, menengah, hingga bawah. Seiring dengan perkembangan dunia kuliner banyak ahli makanan atau chef yang menyulap singkong dari makanan desa menjadi kuliner yang bercita rasa dan berpenampilan kota. Para pengusaha kuliner menggunakan inovasi tersebut untuk mengembangkan bisnis kuliner yang berbahan dasar singkong.

Salah satu inovasi makanan berbahan dasar singkong adalah singkong keju. Makanan yang satu ini merupakan perpaduan dari makanan desa yaitu singkong dan keju yang identik dengan makanan kota. Bisnis kuliner yang satu ini dinilai dapat mendatangkan atau memiliki potensi keuntungan yang besar karena memiliki bahan dasar yang cukup murah, sehingga mampu mengurangi biaya produksi.
  1. Martabak Mini
Bisnis kuliner potensial 2019 yang keempat adalah martabak mini. Martabak merupakan salah satu makanan yang menjadi ciri khas dari bangsa Indonesia. Pada umumnya terdapat dua varian dari makanan ini yaitu martabak manis yang dan martabak asin yang berbahan dasar telur, tepung, dan sayuran. Tak mau kalah dengan jenis makanan yang lain, martabak pun mulai menerima sentuhan tangan-tangan kreatif dan inovatif dengan menyulap martabak menjadi makanan yang bercita rasa dan berpenampilan modern.

Martabak manis yang dahulu hanya memiliki varian rasa original manis dari gula, kini sudah memiliki berbagai varian rasa lain yang lebih lezat dan menarik seperti coklat, keju, oreo, vanilla, kacang, durian, dan perpaduan dari berbagai rasa terebut. Sebagai makanan khas Indonesia yang merakyat, bisnis kuliner martabak ini dirasa juga mampu mendatangkan keuntungan yang melimpah karena memiliki banyak peminat baik dari kalangan bawah, menengah, maupun atas.
  1. Pisang Coklat
Bisnis kuliner potensial 2019 yang kelima adalah pisang coklat. Bagi warga Indonesia, buah pisang bukanlah makanan yang asing. Hal tersebut dikarenakan Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim tropis yang mana merupakan tempat tumbuhnya pisang. Di negara ini, anda dapat menjumpai buah pisang dari berbagai jenis di manapun dan kapanpun.

Sama halnya dengan makanan lain, pengusaha kuliner yang kreatif dan inovatif mampu menciptakan makanan yang berbahan dasar pisang menjadi makanan yang bercita rasa lezat. Salah satu bentuk inovasi tersebut adalah terciptanya pisang coklat atau lebih dikenal piscok.

Rasa coklat yang manis ditambah dengan buah pisang yang memiliki cita rasa yang khas, mampu menciptakan sebuah makanan ringan yang cocok untuk dikonsumsi oleh semua kalangan. Pada umumnya anda dapat menjumpai makanan ringan yang satu ini di penggir jalan atau penjaja gorengan.
  1. Kripik Usus
Bisnis kuliner potensial 2019 yang keenam adalah kripis usus. Pada umumnya bahan dasar usus yang digunakan berasal dari usus hewan ayam potong. Usus merupakan salah satu bagian tubuh dari seluruh makhluk hidup tak terkecuali dengan hewan ayam. Siapa yang mengira bahwa usus ini memiliki cita rasa yang lezat terutama setelah digoreng dengan tepung bumbu.

Rasa kripis usus yang renyah ditambah dengan rasa rempah yang kuat membuat makanan ringan yang satu ini banyak digemari oleh kalangan masyarakat. Namun yang disayangkan dari kuliner yang satu ini adalah harganya yang relative cukup mahal apabila dibandingkan dengan makakan ringan yang lain terutama makanan pinggir jalan.

Satu kemasan kripik usus yang berukuran kecil dibandrol harga Rp.25.000 yang tentunya lebih mahal apabila dibandingkan dengan jenis makanan ringan lain yang penulis sarankan di atas. Untuk itu, sebagai pengusaha di bidang kuliner, anda dituntut untuk melakukan inovasi agar usus menjadi makanan digemari masyarakat namun memiliki harga yang terjangkau.
  1. Bakso
Bisnis kuliner potensial 2018 yang ketujuh adalah bakso. Julukan makanan yang tetap eksis sepanjang waktu pantas disematkan untuk kuliner bakso ini. Bagaimana tidak, ditengah gempuran makanan yang modern seperti kebab, pizza, burger, dll, bakso tetap memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat. Makanan asli Indonesia tersebut pada umumnya memiliki bahan dasar daging yang digiling yang dicampur dengan tepung dan berbagai bumbu.

Bakso merupakan makanan yang berasal dari perpaduan bakso itu sendiri, sayur, mie, dan kuah kaldu yang nikmat. Bagi anda yang memiliki keinginan untuk membuka bisnis kuliner yang menguntungkan, bakso adalah salah satu pilihannya.

Sebelum memulai salah satu bisnis kuliner diatas jangan lupa juga untuk memiliki persiapan dari sisi operasional, seperti mencari karyawan, memilih sistem pos dan membeli peralatan demi kelancaran usaha Anda. Demikian sedikit ulasan mengenai beberapa contoh bisnis kuliner potensial di tahun 2019. Semoga artikel ini dapat membantu anda dengan memberikan referensi pilihan bisnis kuliner yang dapat anda coba.