Friday, March 15, 2019

Sejarah Penggunaan POS untuk Usaha Restoran


Bisnis yang kerap kali menjadi pilihan utama bagi pebisnis adalah rumah makan atau restoran. Untuk memberikan keuntungan yang besar bagi pendirinya, restoran harus dikelola dengan baik. salah satu contoh pengelolaan restoran yang wajib dilakukan oleh pengusaha untuk mengikuti perkembangan jaman adalah penggunaan software atau sistem pengelolaan secara digital.

Software manajemen restoran selalu berubah dan berkembang. Software pengelolaan restoran adalah fitur yang dibutuhkan di jaman digitalisasi ini di mana restoran dapat melayani pelanggan dengan cepat. Selain dalam hal pelayanan, sistem tersebut juga memungkinkan restoran untuk melayani pelanggan dengan sistem online, loyalty, kartu hadiah, dan masih banyak lagi.

Topik mengenai perubahan sistem POS dalam industri restoran merupakan hal yang sangat menarik untuk dibahas, karena mampu menguak dan mendalami mengenai perubahan sistem dari waktu ke waktu. Mulai dari sistem pembayaran yang bersifat tradisional hingga penggunaan internet untuk menghubungkan segala macam urusan pembayaran.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai sistem POS untuk restoran, simak ulasan lengkap berikut ini mengenai sejarah pengunaan sistem POS untuk sebuah restoran.

Sistem POS Restoran Pertama

Sistem POS pertama yang digunakan untuk industri restoran didasarkan pada basis cash. Di pertengahan tahun 1970, IBM memperkenalkan electronic cash register (ECR) yaitu sebuah sistem pengelolaan restoran yang menggunakan komputer.


POS memungkinkan pengelola restoran untuk menerima pesanan dari pelanggan secara bersih atau bebas dari kesalahan yang termasuk jumlah pajak yang harus dibayar. Selain itu, sistem ini juga memungkinkan karyawan atau pelanggan itu sendiri untuk melihat apa yang dipesan dan berapa jumlah uang yang harus dibayar.

Ketika di penghujung hari di mana restoran akan tutup, sistem akan merekap seluruh transaksi dan menghitung berapa jumlah uang yang harus dibayar ke bank dan berapa yang harus disimpan untuk kas.

Meskipun demikian, sistem POS di jaman ini tetap memiliki kekurangan. Pada saat itu, banyak pengelola restoran yang lebih senang menggunakan handphone dibandingkan dengan kartu kredit. hal tersebut membuat POS terminal mengalami kemacetan karena membutuhkan waktu setidaknya 30 detik. Hal inilah yang menjadikan banyak pengelola restoran enggan untuk menggunakan sistem POS.

Sistem POS Dengan Internet

Setelah menjalankan sistem POS untuk restoran dalam jangka waktu yang cukup lama, di tahun 1980, internet mulai masuk dan menjadi sistem POS terbaru untuk restoran. Internet memungkinkan restoran untuk melakukan pelayanan kepada pelanggan secara lebih cepat dan praktis. Bahkan kini dengan bantuan internet, pihak pengelola restoran dapat memproses pembayaran dengan kredit card dengan bantuan internet agar lebih cepat.

Hal ini membuat permasalahan yang timbul dari sistem POS terdahulu bukanlah menjadi hal yang menjadi pertimbangan lagi. satu untuk semua merupakan kalimat yang cocok untuk disematkan kepada sistem POS dengan internet. Pasalnya dengan menggunakan sistem ini, anda dapat melihat transaksi kredit card, transaksi secara cash, dan seluruh transaksi penjualan restoran.

Karena dijalankan oleh mesin, sistem POS dengan internet juga minim dari kesalahan, seperti kesalahan perhitungan atau hal lainnya.

Fitur POS Mana yang Lebih Mengesankan?

Sistem POS untuk restoran kini telah memiliki banyak fitur yang sangat menarik dan canggih. Dari seluruh kecanggihan tersebut, terdapat salah satu fitur yang membuat banyak orang kagum yaitu kemampuannya dalam membagi tagihan. Fitur andalan yang satu ini mampu merubah hidup anda menjadi lebih mudah. Pasalnya dengan satu cara anda dapat melakukan transaksi di banyak tempat dengan tagihan yang berbeda.

Satu lagi fitur dari sistem POS yang membuat banyak orang kagum yaitu kemampuannya dalam memodifikasi item dan menyesuaikan menu sesuai dengan urutan yang diinginkan. pada jaman dahulu pemilik restoran belum memikirkan faktor lain seperti loyalitas dan hadiah. Namun kini pola pikir pengusaha telah berubah di mana pelanggan dilibatkan dalam kemajuan restoran dengan memberikan hadiah untuk meningkatkan loyalitas. Sistem tersebut terintegrasi secara penuh dan otomatis.

Sistem point of sale atau pembayaran seperti ini mampu mengubah industri restoran dalam dua cara. Cara yang pertama yaitu dengan menciptakan budaya kerja yang berkualitas dan efisien. Dengan sistem yang terintegrasi karyawan tidka harus bolak-balik kasir dan dapur untuk memberikan informasi pesanan pelanggan. Bagian dapur juga memiliki sistem tersendiri yang diintegrasikan secara langsung dengan bagian kasir dan pemesanan.

Dengan adanya keuntungan tersebut, karyawan tetap memiliki waktu yang utuh untuk melayani pelanggan yang datang tanpa harus memikirkan bagian dapur. Selain itu, waktu pemesanan pelanggan menjadi lebih cepat karena tidak perlu mengantri terlalu lama.

Cara yang kedua yaitu memaksimalkan kerja karyawan. Dengan sistem yang lebih pintar dan efisien, anda tidak membutuhkan banyak tenaga kerja untuk menjalankan restoran. Dengan menurunnya kebutuhan tenaga kerja, tentunya biaya untuk tenaga kerja juga menurun. Dibandingkan hal tersebut, anda dapat mengalokasikan biaya tenaga kerja tersebut untuk mengembangkan bisnis restoran menjadi lebih besar lagi.

Melalui sistem ini, anda juga dapat mengecek kinerja dari karyawan dan emngetahui bagian mana yang benar-benar memberikan kontribusi yang lebih kepada perusahaan.

POS Sistem Berbasis Cloud

Dengan semakin berkembangnya dunia teknologi, kini sistem POS menjadi lebih canggih lagi. sistem tersebut dibantu dengan basis cloud yang memungkinkan pemilik restoran untuk mengembangkan usahanya. Dengan sistem POS berbasis cloud atau kasir online, anda dapat mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan, apa produk favorit mereka, kapan kunjungan terakhir yang dilakukan, bahkan di mana keberadaan pelanggan pada saat itu.

Satu kagi keuntungan yang akan diperoleh pihak restoran apabila menggunakan sistem POS berbasis cloud ini yaitu restoran dapat dikontrol dari mana saja tanpa harus berada secara fisik di tempat tersebut. Caranya cukup mudah yaitu hanya dengan menggunakan smartphone atau komputer jinjing anda.

Kelanjutan dari POS Sistem

Dengan keuntungan yang begitu besar tak hanya untuk pihak restoran tetapi juga untuk pelanggan, sistem POS memiliki masa depan yang begitu cerah. Bagaimana tidak, hanya dengan bermodalkan smartphone pelanggan dapat melakukan pembayaran berbagai transaksi tanpa harus membawa uang tunai atau kartu dalam jumlah banyak.

Menurut para pakar dan pengamat bisnis dan teknologi, penggunaan sistem POS untuk restoran akan menjadi lebih besar lagi di masa depan dengan mengombinasikan pelayanan restoran secara langsung dan pelanggan secara langsung.

Tak hanya untuk pihak restoran, sistem POS dengan basis cloud ini juga memiliki keuntungan tersendiri untuk pihak pelanggan. Bagaimana bisa? Dengan sistem ini, pelanggan tak harus membawa dompet yang penuh dengan uang tunai dan kartu. Transaksi dapat dilakukan dengan bantuan smartphone di mana pelanggan dapat menyimpan uangnya dapat bentuk digital sehingga lebih mudah dan praktis.

Demikian ulasan lengkap mengenai seluk beluk mengenai sistem POS untuk industri restoran yang wajib anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.