Sunday, March 10, 2019

Tips Mengatasi Laptop Yang Berisik


Sebagai komputer jinjing, laptop sangat mendukung kebutuhan kerja dan aktivitas sehari-hari para penggunanya. Mengapa tidak, sifatnya yang ringkas dan mudah dibawa membuatnya lebih efisien daripada menggunakan komputer konvensional.

Orang sekarang lebih cenderung memilih laptop untuk kegiatan sehari-hari mereka. Jadi, menyesuaikan kebutuhan, perusahaan juga mengeluarkan berbagai jenis laptop, dari bisnis atau pekerjaan, multimedia, hingga game.

Sayangnya, kepemilikan laptop terkadang tidak disertai dengan pemahaman tentang laptop itu sendiri. Terkadang laptop tiba-tiba mengalami masalah untuk merusak komponen di dalamnya. Orang lebih suka mengganti laptop daripada memperbaikinya. Bahkan jika mereka memiliki pengetahuan, mereka dapat memperbaiki laptop mereka sendiri.

Salah satu kendala yang sering dialami dan tidak dipahami oleh pengguna adalah suara keras dan keras yang dihasilkan oleh laptop. Harap dicatat jika suara ini dihasilkan oleh kipas laptop. Kipas ini berfungsi untuk menjaga stabilitas suhu pada komponen-komponen pada laptop saat sedang digunakan. Jika laptop dipaksa bekerja secara optimal, kipas otomatis akan berputar lebih cepat. Lalu suaranya menjadi berisik.

Kebisingan dan kenyaringan dari kipas ini jelas mengganggu kenyamanan saat bepergian menggunakan laptop. Bahkan menjadi gelisah, karena khawatir laptop akan mengalami kerusakan fatal.

Memang, jika ini terjadi terus menerus, komponen laptop bisa rusak karena kepanasan dan suhunya tidak stabil. Laptop juga bekerja lambat hingga menggantung. Kipas yang cepat mengkonsumsi lebih banyak daya baterai, sehingga distribusi distribusi aliran energi tidak merata ke semua bagian laptop.

Jadi apa yang menyebabkan penggemar laptop menjadi berisik dan berlari kencang? Berikut ini adalah hal-hal yang memicu dan cara mengatasinya.
  1. Kipas laptop kotor
Salah satu penyebab paling gemar penggemar laptop adalah mereka kotor dan berdebu. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kipas berfungsi sebagai sirkulasi udara untuk laptop. Jadi jangan heran jika debu juga bisa masuk melalui jendela sirkulasi dan berkumpul di bilah kipas. Saat kipas terus berputar, bahkan debu akan tertarik dan terus menumpuk.

Akibatnya, kerja kipas menjadi lambat, menghasilkan gesekan yang menyebabkan suara keras dan keras muncul. sirkulasi udara yang tidak lancar, membuat kipas bekerja lebih keras untuk menstabilkan suhu komponen di laptop.

Cara mengatasinya adalah dengan membuka casing laptop dan membersihkan kipas secara manual jika debu menumpuk. Sangat disarankan untuk membongkar casing menggunakan layanan ahli, untuk mencegah kerusakan fatal. Juga menjaga kebersihan lingkungan kerja bebas dari debu.
  1. Prosesor yang bekerja terlalu keras
Setelah masalah debu, ada baiknya memeriksa komponen prosesor di komputer atau laptop Anda. Karena kinerja prosesor yang terlalu keras dan maksimal akan menyebabkan kipas mesin dan laptop mengeluarkan suara yang keras dan berisik. Kipas akan bekerja lebih keras untuk menjaga suhu komponen laptop.

Pemicunya adalah terlalu banyak program yang dibuka secara bersamaan dan menjalankan program yang berat di luar kemampuan laptop. Alhasil laptop bisa mati hang dan mati karena kepanasan. Cara mengatasinya cukup sederhana, yaitu membatasi penggunaan program dan rajin membersihkan data yang tidak digunakan dan di-cache.
  1. Kondisi kipas rusak
Masalah terakhir adalah yang paling parah, yaitu kipas yang rusak. Ini disebabkan oleh usia kipas yang sudah tua atau karena korsleting pada komponen yang terhubung ke kipas. Bisa juga karena motor kipas macet.

Jika sudah seperti ini, mau tidak mau Anda harus membawa laptop ke tempat perbaikan atau Service Center, sehingga penyebab utamanya bisa diketahui dan bisa diganti.
Itulah pembahasan mengenai Tips Mengatasi Laptop Yang Berisik. Semoga bermanfaat ya